US SMK SEMESTER GENAP - PKK KWU
US PKK Teknik (TP. 2020/2021)
UJIAN SEKOLAH (US)
Tahun Pelajaran 2020/2021
Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan (Teknik)
Kelas : XII
Program Keahlian : Teknologi dan Rekayasa (TKR/TKJ/TP)
Hari, tanggal : Kamis, 1 April 2021
Pukul : 08.00 sd 9.30 WIB
Petunjuk Umum Ujian Sekolah 2020/2021
Peserta ujian:
1. wajib mengisi identitas berupa Nama Peserta, Nomor Peserta dan Kelas;
2. dilarang membawa dan/atau menggunakan kalkulator, buku pelajaran dan kamus;
3. dilarang mencari jawaban secara online (browsing)
4. selama ujian berlangsung, dilarang:
a) berkumpul bersama peserta lain;
b) menanyakan jawaban soal kepada siapa pun;
c) memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal;
d) menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
5. wajib mengirim hasil ujian dengan menekan / klik tanda “KIRIM” / “SUBMIT” di bagian akhir soal setelah menyelesaikan seluruh jawaban;
6. hanya memiliki hak untuk mengirim hasil ujian 1 (satu) kali, apabila ada pengiriman 1 peserta lebih dari 1 kali, yang dipakai sebagai hasil pekerjaan adalah pengiriman yang pertama;
7. Pastikan semua isian dan jawaban telah diisi sebelum mengirim jawaban.
4..Kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendekya adalah...
(2.5 Poin)
Ekuitas.
Solvabilitas.
Likuiditas.
Abilitas.
Rentabilitas.
5.Fungsi dari kalimat persuasif, diantaranya adalah...
(2.5 Poin)
Menggambarkan suatu objek panca indera mata, telinga, dan lain-lain.
Menyebutkan nama merek produk visualisasi produk.
Sebagai kalimat memberikan perintah secara langsung kepada seseorang.
Menguraikan benefit produk bagi konsumen.
Menjabarkan data faktual meyakinkan para pembaca
6.Salah satu bauran pemasaran yang menentukan harga jual suatu produk adalah...
(2.5 Poin)
Price.
Produk
Place.
Promotion.
People.
7.Contoh produk dengan menggunakan job shopproduction adalah.....
(2.5 Poin)
Televisi
Kapal terbang
Mesin besar
Laptop
Poster
8.Dibawah ini yang bukan merupakan jenis laporan keuangan adalah...
(2.5 Poin)
a. Neraca.
c. Laporan Laba rugi.
e. catatan atas laporan keuangan.
d. Laporan arus kas.
b. Laporan bulanan.
9.Jenis kalimat yang mengungkapkan suatu kisah, peristiwa, atau juga pengalaman pribadi dengan berdasarkan urutan-urutan kajadian atau peristiwa disebut dengan...
(2.5 Poin)
Kalimat Superlatif.
Kalimat Persuasif.
Kalimat Deskriptif.
Kalimat Naratif.
Kalimat Argumentatif.
10.Akumulasi dari pengetahuan, hasil penelitian dan pengalaman secara kuantitatif maupun kualitatif dalam bidangnya sehingga dapat menghasilkan inovasi sesuai dengan tuntutan jaman dinamakan.....
(2.5 Poin)
Daya saing
Produktivitas dan efisiensi
Terbangunnya citra baik
Kompetensi dan etika usaha
Profitability
11.Proses penyusunan dan penyatuan beberapa bagian komponen menjadi satu alat atau mesin yang mempunyai fungsi tertentu disebut.....
(2.5 Poin)
Penyiapan
Pengujian
Perakitan
Pengepakan
Perencanaan
12.Berikut adalah pengendalian proses produksi untuk memperlancar kegiatan produksi, kecuali.....
(2.5 Poin)
Pengenadlian bahan baku
Pengendalian kualitas
Pengendalian tenaga kerja
Pengendalian biaya produksi dan perbaikan
Pengendalian produk
13.Membagi pasar yang bersifat heterogen kedalam kelompok-kelompok yang homogen adalah pengertian dari...
(2.5 Poin)
Pengendalian pasar.
Pemasaran.
Segmentasi pasar.
Posisi pasar.
Konsumen.
14. Laporan keuangan yang disusun bulanan atau kuartalan untuk kepentingan manajemen perusahaandisebut...
(2.5 Poin)
Laporan tahunan.
Laporan bulanan.
Laporani nterim.
Laporan kuartalan.
Laporan berkala.
15.Salah satu faktor penentu keberhasilan usaha adalah.....
(2.5 Poin)
Eksistensi
Invasi
Inovasi
Imitasi
Duplikasi
16.Berikut yang bukan merupakan karakteristik produksi massal adalah.....
(2.5 Poin)
Fixed cost tinggi, variabel cost rendah
Perubahan mesin sangat mahal, umur panjang
Harga pokok mahal
Fixed rate : tidak bisa diubah begitu saja
Tujuan : minimalisasi handling
17.Yang dimaksud dengan layout pabrik adalah.....
(2.5 Poin)
Tata letak/susunan fasilitas, mesin dan alat
Lokasi pabrik dan lingkungan sekitarnya
Bahan baku, proses produksi dan tenaga kerja
Denah pabrik
Jarak pabrik dengan sumber bahan baku
18.Berdasarkan aliran produksinya, repetitive production (produksi berulang) termasuk.....
(2.5 Poin)
Flow shop production
Job shop production
Continuous production
Project
Batch production
19.Sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi disebut dengan...
(2.5 Poin)
Penjualan perorangan.
Publisitas.
Promosi penjualan.
Pemasaran langsung.
Iklan.
20.Untuk memastikan kelancaran arus produksi mulai dari bahan baku sampai menjadi produk akhir diperlukan.....
(2.5 Poin)
Pengawasan blok
Pengawasan order
Pengawasan arus
Pengawasan beban
Pengawasan proyek khusus
21.Layout yang sering digunakan dalam pabrik besar seperti pabrik semen, lokomotif, kapal terbang, jembatan, dan sebagainya adalah.....
(2.5 Poin)
Layout garis
Layout fungsional
Layout tetap
Layout deret
Layout pusat
22.Fungsi utama perakitan adalah.....
(2.5 Poin)
Meningkatkan kinerja produk yang dihasilkan
Meningkatkan fungsi komponen
Untuk menggabungkan komponen, material penyambung
Memperbaiki komponen yang rusak
Menambah nilai guna suatu produk
23.Kemampuan perusahaan memenuhi seluruh kewajibannya apabila perusahaan dilikuidasikan disebut dengan...
(2.5 Poin)
Likuiditas.
Ekuitas.
Abilitas.
Solvabilitas.
Rentabilitas.
24.Kegiatan mengolah bahan baku dengan memanfaatkan peralatan sehingga menghasilkan suatu produk yang lebih bernilai disebut.....
(2.5 Poin)
Metode produksi
Kegiatan produksi
Perencanaan produksi
Proses Produksi
Produksi masal
25.Mass production adalah pembuatan suatu produk dalam jumlah sangat besar dengan menggunakan metode produksi .....
(2.5 Poin)
Padat karya secara terus menerus
Padat modal secara tetap
Padat karya secara berkesinambungan
Padat modal secara berkesinambungan
Padat teknologi secara kontinyu
26.Faktor yang merupakan tujuan yang kritis dan menjadi ukuran dari keberhasilan suatu perusahaan adalah laba. Ini adalah pendapat dari.....
(2.5 Poin)
Dwi Riyanti
Algifari
Albert Wijaya
Sony Heru Priyanto
Erliah
27.Salah satu syarat segmentasi yang efektif adalah Actionable, yang artinya...
(2.5 Poin)
Dapat diukur.
Dapat dibedakan.
Cukup besar.
Dapat dicapai.
Dapat dilaksanakan.
28.Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan produksi adalah, kecuali.....
(2.5 Poin)
Jumlah produksi
Selera konsumen
Tersedianya bahan baku
Tersedianya fasilitas produksi
Jadwal produksi dalam periode tertentu
29.Faktor pendukung kegiatan usaha menurut sumbernya terbagi menjadi dua, yaitu...
(2.5 Poin)
Keberhasilan.
Modal sendiri dan modal asing.
Untung dan rugi.
Hambatan dan sukses.
Jangka pendek dan jangka panjang.
30.Distribusi produk tahunan ke bulanan, dengan jumlah produksi dan persediaan yang berubah-ubah tergantung pada naik turunnya penjualan termasuk.....
(2.5 Poin)
Pola produksi bergelombang
Pola produksi terus menerus
Pola produksi konstan
Pola produksi moderat
Pola produksi kontinyu
31.Laba usaha adalah selisih antara .....
(2.5 Poin)
BEP dan fix cost
Bahan baku dan biaya
Pendapatan dan biaya
Rasio finansial
Fix cost dan variabel cost
32.Sifat proses produksi atas dasar pesanan, terdapat istilah GIVEN MARKET yang artinya.....
(2.5 Poin)
Perusahaan tidak perlu mengadakan persediaan
Perusahaan memproduksi dengan persediaan
Produk tidak dijual secara bebas
Produksi secara terus menerus
Produk dijual berdasarkan kekuatan pasar
33.Salah satu cara untuk meningkatkan efektifitas dalam berpromosi adalah.
(2.5 Poin)
Memberikan anggaran yang besar.
Bertahan dengan cara yang lama.
Mengakuisisi saham pesaing.
Memaksimalkan efisiensi dalam promosi.
Menggunakan teknologi yang mutakhir.
34.Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1) Akurasi dan otomatisasi tinggi
2) Tidak ada jaminan
3) Tingkat produksi cepat
4) Biaya tenaga kerja lebih sedikit
5) Kurang beragam
6) Lebih banyak biaya untuk bahan
7) Sedikit pengeluaran perunit
Yang merupakan kekurangan produksi massal terdapat pada nomer .....
(2.5 Poin)
4) dan 7)
2) , 3) dan 5)
3) dan 4)
2) , 5) dan 6)
3) , 6) dan 7)
35.Kegiatan membujuk calon konsumen agar mau membeli barang atau jasa yang ditawarkan disebut dengan...
(2.5 Poin)
Reminding.
Promoting.
Persuading.
Informing.
Calculating.
36.Kemampuan perusahaan untuk mendapatkan laba disebut dengan...
(2.5 Poin)
Ekuitas.
Rentabilitas.
Likuiditas.
Solvabilitas.
Abilitas.
37.Produk yang harus mengikuti desain unik dan spesifikasi khusus dari pelanggan dengan waktu dan biaya yang ditentukan disebut.....
(2.5 Poin)
All-shop
Custom-made
Job-shop
Production house
Home-made
38.Kegiatan menyalurkan produk dari produsen ke konsumen disebut dengan...
(2.5 Poin)
Konsumsi.
Segmentasi.
Akuisisi.
Koalisi.
Distribusi.
39.Pada penetapan skala produksi, tahap menetapkan dan menentukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi penundaan dan mengkoordinasi seluruh perencanaan kegiatan proses produksi adalah.....
(2.5 Poin)
Dispacthing
Planing
Follow-up
Routing
Scheduling
40.Untuk membuat desain produk yang benar, perlu mengenal komponen produk terlebih dahulu. Berikut adalah tiga komponen utama produk, yaitu...
(2.5 Poin)
Ide, pemasaran, dan produksi.
Merek, ide, dan kemasan.
Merek, ide, dan harga.
Merek, harga, dan manfaat.
Merek, harga, dan kemasan.
41.Kumpulan alat-alat intensif yang beragam, sebagian besar berjangka pendek, dirancang untuk mendorong pembelian suatu produk atau jasa cepat dan atau lebih besar oleh konsumen atau pedagang disebut dengan...
(2.5 Poin)
Penjualan perorangan.
Pemasaran langsung.
Iklan.
Promosi penjualan.
Publisitas.
42.Di bawah ini yang bukan merupakan faktor eksternal pengaruh keberhasilan usaha adalah.....
(2.5 Poin)
Tingkat demokrasi
Kebijakan ekonomi
Birokrat
Politik
Kekuatan modal
43.Kalimat yang gagasan utamanya dikembangkan dengan memaparkan pendapat, ulasan, pokok bahasan dan ide pribadi penulisnya disebut dengan...
(2.5 Poin)
Kalimat Superlatif.
Kalimat Deskriptif.
Kalimat Persuasif.
Kalimat Naratif.
Kalimat Argumentatif.
Posting Komentar untuk "US SMK SEMESTER GENAP - PKK KWU"
KOMENTAR JIKA ADA YG DITANYAKAN