Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

US SMK SEMESTER GENAP - PKK KWU

 US PKK Teknik (TP. 2020/2021)

UJIAN SEKOLAH (US)

Tahun Pelajaran 2020/2021


Mata Pelajaran      : Produk Kreatif dan Kewirausahaan (Teknik)

Kelas                      : XII 

Program Keahlian :  Teknologi dan Rekayasa (TKR/TKJ/TP)

Hari, tanggal         : Kamis, 1 April 2021

Pukul                     :  08.00 sd 9.30 WIB


Petunjuk Umum Ujian Sekolah 2020/2021

Peserta ujian:

1. wajib mengisi identitas berupa Nama Peserta, Nomor Peserta dan Kelas;

2. dilarang membawa dan/atau menggunakan kalkulator, buku pelajaran dan kamus; 

3. dilarang mencari jawaban secara  online (browsing) 

4. selama ujian berlangsung, dilarang: 

        a) berkumpul bersama peserta lain;

        b) menanyakan jawaban soal kepada siapa pun; 

        c) memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal; 

        d) menggantikan atau digantikan oleh orang lain. 

5. wajib mengirim hasil ujian dengan menekan / klik tanda “KIRIM” / “SUBMIT” di bagian akhir soal setelah menyelesaikan seluruh jawaban; 

6. hanya memiliki hak untuk mengirim hasil ujian 1 (satu) kali, apabila ada pengiriman 1 peserta lebih dari 1 kali, yang dipakai sebagai hasil pekerjaan adalah pengiriman yang pertama;

7. Pastikan semua isian dan jawaban telah diisi sebelum mengirim jawaban.


4..Kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendekya adalah...

(2.5 Poin)


Ekuitas.


Solvabilitas.


Likuiditas.


Abilitas.


Rentabilitas.

5.Fungsi dari kalimat persuasif, diantaranya adalah...

(2.5 Poin)


Menggambarkan suatu objek panca indera mata, telinga, dan lain-lain.


Menyebutkan nama merek produk visualisasi produk.


Sebagai kalimat memberikan perintah secara langsung kepada seseorang.


Menguraikan benefit produk bagi konsumen.


Menjabarkan data faktual meyakinkan para pembaca

6.Salah satu bauran pemasaran yang menentukan harga jual suatu produk adalah...

(2.5 Poin)


Price.


Produk


Place.


Promotion.


People.

7.Contoh produk dengan menggunakan job shopproduction adalah.....

(2.5 Poin)


Televisi


Kapal terbang


Mesin besar


Laptop


Poster

8.Dibawah ini yang bukan merupakan jenis laporan keuangan adalah...

(2.5 Poin)


a. Neraca.


c. Laporan Laba rugi.


e. catatan atas laporan keuangan.


d. Laporan arus kas.


b. Laporan bulanan.

9.Jenis kalimat yang mengungkapkan suatu kisah, peristiwa, atau juga pengalaman pribadi dengan berdasarkan urutan-urutan kajadian atau peristiwa disebut dengan...

(2.5 Poin)


Kalimat Superlatif.


Kalimat Persuasif.


Kalimat Deskriptif.


Kalimat Naratif.


Kalimat Argumentatif.

10.Akumulasi dari pengetahuan, hasil penelitian dan pengalaman secara kuantitatif maupun kualitatif dalam bidangnya sehingga dapat menghasilkan inovasi sesuai dengan tuntutan jaman dinamakan.....

(2.5 Poin)


Daya saing


Produktivitas dan efisiensi


Terbangunnya citra baik


Kompetensi dan etika usaha


Profitability

11.Proses penyusunan dan penyatuan beberapa bagian komponen menjadi satu alat atau mesin yang mempunyai fungsi tertentu disebut.....

(2.5 Poin)


Penyiapan


Pengujian


Perakitan


Pengepakan


Perencanaan

12.Berikut adalah pengendalian proses produksi untuk memperlancar kegiatan produksi, kecuali.....

(2.5 Poin)


Pengenadlian bahan baku


Pengendalian kualitas


Pengendalian tenaga kerja


Pengendalian biaya produksi dan perbaikan


Pengendalian produk

13.Membagi pasar yang bersifat heterogen kedalam kelompok-kelompok yang homogen adalah pengertian dari...

(2.5 Poin)


Pengendalian pasar.


Pemasaran.


Segmentasi pasar.


Posisi pasar.


Konsumen.

14. Laporan keuangan yang disusun bulanan atau kuartalan untuk kepentingan manajemen perusahaandisebut...

(2.5 Poin)


Laporan tahunan.


Laporan bulanan.


Laporani nterim.


Laporan kuartalan.


Laporan berkala.

15.Salah satu faktor penentu keberhasilan usaha adalah.....

(2.5 Poin)


Eksistensi


Invasi


Inovasi


Imitasi


Duplikasi

16.Berikut yang bukan merupakan karakteristik produksi massal adalah.....

(2.5 Poin)


Fixed cost tinggi, variabel cost rendah


Perubahan mesin sangat mahal, umur panjang


Harga pokok mahal


Fixed rate : tidak bisa diubah begitu saja


Tujuan : minimalisasi handling

17.Yang dimaksud dengan layout pabrik adalah.....

(2.5 Poin)


Tata letak/susunan fasilitas, mesin dan alat


Lokasi pabrik dan lingkungan sekitarnya


Bahan baku, proses produksi dan tenaga kerja


Denah pabrik


Jarak pabrik dengan sumber bahan baku

18.Berdasarkan aliran produksinya, repetitive production (produksi berulang) termasuk.....

(2.5 Poin)


Flow shop production


Job shop production


Continuous production


Project


Batch production

19.Sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi disebut dengan...

(2.5 Poin)


Penjualan perorangan.


Publisitas.


Promosi penjualan.


Pemasaran langsung.


Iklan.

20.Untuk memastikan kelancaran arus produksi mulai dari bahan baku sampai menjadi produk akhir diperlukan.....

(2.5 Poin)


Pengawasan blok


Pengawasan order


Pengawasan arus


Pengawasan beban


Pengawasan proyek khusus

21.Layout yang sering digunakan dalam pabrik besar seperti pabrik semen, lokomotif, kapal terbang, jembatan, dan sebagainya adalah.....

(2.5 Poin)


Layout garis


Layout fungsional


Layout tetap


Layout deret


Layout pusat

22.Fungsi utama perakitan adalah.....

(2.5 Poin)


Meningkatkan kinerja produk yang dihasilkan


Meningkatkan fungsi komponen


Untuk menggabungkan komponen, material penyambung


Memperbaiki komponen yang rusak


Menambah nilai guna suatu produk

23.Kemampuan perusahaan memenuhi seluruh kewajibannya apabila perusahaan dilikuidasikan disebut dengan...

(2.5 Poin)


Likuiditas.


Ekuitas.


Abilitas.


Solvabilitas.


Rentabilitas.

24.Kegiatan mengolah bahan baku dengan memanfaatkan peralatan sehingga menghasilkan suatu produk yang lebih bernilai disebut.....

(2.5 Poin)


Metode produksi


Kegiatan produksi


Perencanaan produksi


Proses Produksi


Produksi masal

25.Mass production adalah pembuatan suatu produk dalam jumlah sangat besar dengan menggunakan metode produksi .....

(2.5 Poin)


Padat karya secara terus menerus


Padat modal secara tetap


Padat karya secara berkesinambungan


Padat modal secara berkesinambungan


Padat teknologi secara kontinyu

26.Faktor yang merupakan tujuan yang kritis dan menjadi ukuran dari keberhasilan suatu perusahaan adalah laba. Ini adalah pendapat dari.....

(2.5 Poin)


Dwi Riyanti


Algifari


Albert Wijaya


Sony Heru Priyanto


Erliah

27.Salah satu syarat segmentasi yang efektif adalah Actionable, yang artinya...

(2.5 Poin)


Dapat diukur.


Dapat dibedakan.


Cukup besar.


Dapat dicapai.


Dapat dilaksanakan.

28.Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan produksi adalah, kecuali.....

(2.5 Poin)


Jumlah produksi


Selera konsumen


Tersedianya bahan baku


Tersedianya fasilitas produksi


Jadwal produksi dalam periode tertentu

29.Faktor pendukung kegiatan usaha menurut sumbernya terbagi menjadi dua, yaitu...

(2.5 Poin)


Keberhasilan.


Modal sendiri dan modal asing.


Untung dan rugi.


Hambatan dan sukses.


Jangka pendek dan jangka panjang.

30.Distribusi produk tahunan ke bulanan, dengan jumlah produksi dan persediaan yang berubah-ubah tergantung pada naik turunnya penjualan termasuk.....

(2.5 Poin)


Pola produksi bergelombang


Pola produksi terus menerus


Pola produksi konstan


Pola produksi moderat


Pola produksi kontinyu

31.Laba usaha adalah selisih antara .....

(2.5 Poin)


BEP dan fix cost


Bahan baku dan biaya


Pendapatan dan biaya


Rasio finansial


Fix cost dan variabel cost

32.Sifat proses produksi atas dasar pesanan, terdapat istilah GIVEN MARKET yang artinya.....

(2.5 Poin)


Perusahaan tidak perlu mengadakan persediaan


Perusahaan memproduksi dengan persediaan


Produk tidak dijual secara bebas


Produksi secara terus menerus


Produk dijual berdasarkan kekuatan pasar

33.Salah satu cara untuk meningkatkan efektifitas dalam berpromosi adalah.

(2.5 Poin)


Memberikan anggaran yang besar.


Bertahan dengan cara yang lama.


Mengakuisisi saham pesaing.


Memaksimalkan efisiensi dalam promosi.


Menggunakan teknologi yang mutakhir.

34.Perhatikan pernyataan di bawah ini !


1) Akurasi dan otomatisasi tinggi

2) Tidak ada jaminan

3) Tingkat produksi cepat

4) Biaya tenaga kerja lebih sedikit

5) Kurang beragam

6) Lebih banyak biaya untuk bahan

7) Sedikit pengeluaran perunit

Yang merupakan kekurangan produksi massal terdapat pada nomer .....

(2.5 Poin)


4) dan 7)


2) , 3) dan 5)


3) dan 4)


2) , 5) dan 6)


3) , 6) dan 7)

35.Kegiatan membujuk calon konsumen agar mau membeli barang atau jasa yang ditawarkan disebut dengan...

(2.5 Poin)


Reminding.


Promoting.


Persuading.


Informing.


Calculating.

36.Kemampuan perusahaan untuk mendapatkan laba disebut dengan...

(2.5 Poin)


Ekuitas.


Rentabilitas.


Likuiditas.


Solvabilitas.


Abilitas.

37.Produk yang harus mengikuti desain unik dan spesifikasi khusus dari pelanggan dengan waktu dan biaya yang ditentukan disebut.....

(2.5 Poin)


All-shop


Custom-made


Job-shop


Production house


Home-made

38.Kegiatan menyalurkan produk dari produsen ke konsumen disebut dengan...

(2.5 Poin)


Konsumsi.


Segmentasi.


Akuisisi.


Koalisi.


Distribusi.

39.Pada penetapan skala produksi, tahap menetapkan dan menentukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi penundaan dan mengkoordinasi seluruh perencanaan kegiatan proses produksi adalah.....

(2.5 Poin)


Dispacthing


Planing


Follow-up


Routing


Scheduling

40.Untuk membuat desain produk yang benar, perlu mengenal komponen produk terlebih dahulu. Berikut adalah tiga komponen utama produk, yaitu...

(2.5 Poin)


Ide, pemasaran, dan produksi.


Merek, ide, dan kemasan.


Merek, ide, dan harga.


Merek, harga, dan manfaat.


Merek, harga, dan kemasan.

41.Kumpulan alat-alat intensif yang beragam, sebagian besar berjangka pendek, dirancang untuk mendorong pembelian suatu produk atau jasa cepat dan atau lebih besar oleh konsumen atau pedagang disebut dengan...

(2.5 Poin)


Penjualan perorangan.


Pemasaran langsung.


Iklan.


Promosi penjualan.


Publisitas.

42.Di bawah ini yang bukan merupakan faktor eksternal pengaruh keberhasilan usaha adalah.....

(2.5 Poin)


Tingkat demokrasi


Kebijakan ekonomi


Birokrat


Politik


Kekuatan modal

43.Kalimat yang gagasan utamanya dikembangkan dengan memaparkan pendapat, ulasan, pokok bahasan dan ide pribadi penulisnya disebut dengan...

(2.5 Poin)


Kalimat Superlatif.


Kalimat Deskriptif.


Kalimat Persuasif.


Kalimat Naratif.


Kalimat Argumentatif.


Posting Komentar untuk "US SMK SEMESTER GENAP - PKK KWU"